Progam Pengembangan Wawasan dan Karakter di Era Digital

Pendidikan di era  digital saat ini sangatlah pesat, kemajuan dalam bidang teknologi tidak hanya dinikmati oleh orang dewasa saja, anak anak sekolah usia sekolah dasar juga sudah bias menikmati dari hasil perkembangan teknologi saat ini. Teknologi banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, sebagai sarana dan prasarana interaksi antara pendidik dan peserta didik. Perkembangan teknologi saat ini mempunyai dampak positif dan dampak negative, sebaiknya dampak positif lebih dominan dimanfaatkan oleh penguna teknologi.

Munculnya banyak kasus yang destruktif dalam konteks kebangsaan misalnya terjadinya sentiment antar etnis, perselisihan antar suku, kasus kasus narkoba, tawuran antar pelajar, kekerasan terhadap anak, bullying, begal dimana mana, menunjukkan karakteristik kebangsaan yang lemah. Pembentukan karakter sedari dini kn menumbuhkan budaya karakter bangsa yang baik dan kunci utama membangun bangsa.

Pendidikan karakter bertujuan agar peserta didik sebagai penerus bangsa mempunyai akhlak dan moral yang baik untuk menciptakan kehidupan berbangsa yang adil, aman dan makmur. Tujuan pendidikan dalam Undang Undang Nomer 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional yang menyebutkan bahwa "Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan  kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, cakap, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertangung jawab''.

Landasan pendidikan karakter disebut dalam Alqur'an Q.S 31 : 17 "Hai anakku, dirikanlah sholat dan suruhlah manusia mengerjakan yang baik dan cegahlah mereka dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap terhadap apa yang menimpa kamu. Sesunguhnya yang demikian itu termasuk hal hal yang diwajibkan oleh allah". Al qur'an menjelaskan dengan tegas agar manusia menyerukan dan menegakkan kebenaran dan menjauhakan perbuatan yang mungkar. Pendidikan karakter yang diberikan seorang ayah kepada anaknya untuk selalu shoalat dan selalu bersabar.

Masa usia sekolah dianggap oleh suryabroto dalam (2008:124) sebagai masa intelektual atau masa keserasian bersekolah. Namun suryosubroto tidak berani mengatakan pada umur berapa tepatnya anak matang untuk masuk ke sekolah dasar. Hal tersebut ditentukan oleh kematangan anak tersebut bukan ditentukan oleh umur semata, namun pada umur antara 6 atau 7 biasanya anak memang telah matang untuk masuk sekolah dasar. Sifat sifat khas anak dapat dilihat sebagai berikut :1.Masa  kelas kelas rendah sekolah dasar

     Beberapa sifat  khas anak anak pada masa ini antara lain adalah seperti yang disebutkan dibawah  ini:

      a. Adanya korelasi positif yang tinggi antar keadaan kesehatan pertumbuhan jasmani dengan prestasi sekolah

      b.Adanya sikap yang cenderung untuk mematuhi peraturan peraturan permainan yang internasional

      c.Adanya kecenderungan memuji sendiri 

      d.Suka membanding bandingkan dirinya dengan orang lain kalau hal itu dirasanya menguntungkan untuk meremehkan anak lain

Postingan populer dari blog ini

Cara Konfigurasi Access Point TP-LINK TL-MR3420

Program Pengembangan Wawasan Dan Karakter Di Era Digital

Tips Dalam Merancang Usaha Diusia Muda Pada Era Digital